Comiket Ala Comifuro 2


Comiket Ala Comifure 2, nih~

Bisa dilihat dari lebih padat dan berbobotnya susunan di acara tersebut, yang melingkupi diskusi, ceramah, bacaan, pemutaran film, pesta, atraksi permainan, konser, dan ruang pameran untuk penjualan buku, majalah, dan barang-barang lain yang berkaitan dengan dunia fiksi ilmiah. Namun acara utama dan amat bergengsi adalah, pemilihan untuk memenangkan sejumlah penghargaan. Salah satunya penghargaan Seiun Award bagi mangaka dengan manga terbaiknya.
Perusahaan-perusahaan penerbitan besar juga hadir dan ikut memeriahkan acara dengan menampilkan mangaka-mangaka super star mereka di masanya.


Sementara kehadiran Doujinshi (karya manga oleh doujinka yang tidak berlabel penerbitan) disediakan hanya di area kecil. Yang seiring waktu para circle Doujinka ini juga ingin lebih diperhatikan; menjadi daya tarik utama acara. Dari dilema ini'lah Comiket lahir.

Meski awalnya Comiket dipandang remeh, namun dari tahun ke tahun event ini menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu oleh para Doujinka juga otaku. Yang berlanjut menjadi inspirasi oleh negara lain untuk mengadakan event serupa. Tentunya juga di Indonesia.
Karena di seluruh penjuru tanah Indonesia pun, Komikus indi/amatir juga pastinya berkeinginan mengibarkan bendera kelahiran karyanya.

Untuk kamu-kamu yang belum mencoba, lanjut baca ya~

Comifuro (Comic Frontier)

Comiket ala Comifuro di Indonesia ini lahir sejak 2012, hampir keseluruhan menganut konsep Comiket. Kecuali untuk para peserta maupun pengunjung dikenakan biaya untuk hadir di event ini. Tapi yang terpenting, Comifuro berlandaskan 'semangat mengembangkan industri kreatif nasional'.

Secara perlahan Comifuro juga mulai menancapkan pengaruh di kalangan circle(kelompok indi/amatir) komikus Indonesia sebagai sarana yang ditunggu-tunggu untuk menjual serta mempublikasikan karya-karya mereka secara independen untuk pasar lokal dan nasional Indonesia.

Padat pengunjung
Aksi karya komikus
Aksi karya komikus
FanAtribut
Booth CarrotAcademy


Perusahaan-perusahaan penerbitan komik besar maupun kecil di Indonesia juga ikut memeriahkan acara tersebut. Pastinya seru dan mendebar-debarkan kalau ikut, ya!


Berikut Kutipan Cumifuro & Persyaratan Peserta (Circle)


Apa itu Comic Frontier?
Comic Frontier (Comifuro) adalah event eksibisi yang diharapkan menjadi tempat menyalurkan minat dan bakat pembuat karya kreatif indipenden. Partisipan dapat menyebarkan karyanya secara langsung dengan cara berjualan dan bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama. Partisipan Comifuro disebut Circle, yang dapat diartikan sebagai individu atau kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama dalam berkarya.



Siapa yang bisa berpartisipasi dalam Comifuro?


> Pembuat komik, baik original maupun fanmade

> Illustrator, baik original maupun fanmade

> Pembuat game indie, baik original maupun fanmade

> Pembuat musik, baik original maupun fanmade

> Seluruh kreator lokal, baik original maupun fandom-based




Apa keunggulan Comifuro?


> Konten bebas, sesuai dengan minat dan kesukaan pembuat

> Bebas mengatur format dan isi dari karya

> Dapat berhubungan langsung dengan pembeli maupun fans

> Biaya partisipasi yang relatif terjangkau


Karya apa saja yang boleh dijual di Comifuro?


> Karya yang diperjualbelikan harus buatan sendiri, bukan hasil unduhan dari internet, apalagi kopian dari karya yang telah ada.


> Comifuro tidak membatasi dan tidak bertanggung jawab atas jenis maupun isi materi karya yang dibuat.

> Bentuk karya bebas, seperti komik, game, musik, artbook, cd, novel, visual novel, merchandise dan lain-lain.



Email : comifuro@gmail.com

Nah, tunggu apalagi? Ayo mulai persiapkan dengan baik karya komik kamu agar bisa dipublikasikan melalui event Comifure mendatang!
Topik Comiket Ala Comifuro 2 berakhir~


Kembali ke Comiket Ala Comifuro halaman pertama. Baca juga info menarik seputar dunia Manga/Komik di Misskomik Blog.
Share On :