Comiket Ala Comifuro


Info Untuk Komikus Amatir(Doujinka) juga tentunya untuk kamu-kamu Calon Komikus Indonesia, nih! 

Ada banyak cara agar karya Komik/Manga kamu dikenal, juga berkesempatan dilirik penerbitan!


Salah satunya melalui topik yang akan Misskomik Workshop Manga bahas kali ini. Yaitu, Karya Komik kamu dipublikasikan terlebih dahulu di event Comiket ala Comifuro Indonesia.

Untuk menarik poin 'Apa, Mengapa, Bagaimana', simak dulu awal mula cara ini berkembang hingga diterapkan juga di berbagai negara pencipta komik terbesar di dunia.


APA SIH' COMIKET?


Add caption
Add caption
Add caption

Comiket singkatan Comic Market(Pasar Komik). Sebuah event indi yang sudah dianggap penting bagi komunitas doujinka (komikus pemula/amatir) di Jepang untuk memperkenalkan karya mereka kepada publik. Dengannya berharap dapat mengangkat karya mereka ke level yang lebih tinggi lagi; karya mendapat sorotan dari perusahaan penerbit manga.

Add caption
Add caption
Add caption

Acara utama berupa pameran doujinshi dari manga, anime, karakter video games, disertai penjualan kostum untuk cosplayer, akseori figur, dan lainnya seputar atribut Fan-Manga .
Event Comiket di Jepang digelar 2 kali dalam setahun di musim panas dan dingin, dikenal dengan sebutan masing-masingnya NatsuComi-Agustus dan FuyuComi-Desember.

Event bisa berlansung 2-3 hari. Mulanya diselenggarakan 3 kali setahun menyesuaikan waktu liburan sekolah di Jepang, dan sejak tahun 1983 Comiket musim semi dihentikan.
Comiket pertama di 1975, hanya diikuti 32 Circle(peserta individu atau kelompok), dengan pengunjung sekitar 700. Namun setiap tahunnya jumlah selalu meningkat hingga 500 Circle dan pengunjung mencapai 500K pada event Comiket ke-63 di tahun 2002. 

Dapat kamu bayangkan, wannabe Mangaka dan Fan Manga di Jepang buaanyaak... Kita jangan mau kalah, ya! 
(•̀o•́)ง

Tidak dikenakan biasa masuk bagi pengunjung, namun agar mendapat informasi seputar acara seperti denah pameran, peraturan, serta daftar kelompok artist dounjinshi, disediakan katalog yang bisa dibeli pengunjung maupun peserta pameran sebelum event diselenggarakan.

APA UNIKNYA COMIKET?

Kalau kamu tahu kelompok 'Clamp artist' yang telah memulai debut manga sejak SMP dengan banyak karya terkenalnya seperti Card Captor Sakura, mereka merintis karir dimulai dari event Comiket ini. Dan masih banyak para senior mangaka yang memulai perjuangannya dari event Comiket ini. Sekaligus masa-masa mulai bangkitnya untuk para Dounjinka, pencipta manga doujinshi. Di lain kesempatan Misskomik akan bahas topik khusus Doujinka.

SEJARAH COMIC MARKET

Pasar Komik skala Profesional atau Official di Jepang di event Nihon SF Taikai (Science Fiction Convention Japan), yang telah diselenggarakan sejak 1962. Dari sini awal mulanya sejarah Cosplayer juga muncul, *baca di Sejarah Manga.
Di Jepang event Nihon SF Taikai lebih dikenal dengan sebutan mengikuti lokasi diselenggarakan acara tersebut. Seperti Tokon di Tokyo, Daikon di Osaka, Kyukon di Kumamoto, Meicon di Nagoya, dan masih banyak lagi. Seperti yang terakhir Juracon 2018 – Minakami, dan di tahun depan Sci-con 2019 – Saitama.

Mengapa disebut profesional atau Official?
Yuk lanjut baca Comiket Ala Comifuro 2 ~
Share On :